Selamat datang di website Toko Belanja Segar. Lagi ada Promo BUY 1 GET ONE Lho!!!, Buruan sebelum kehabisan stok-CEK halaman PROMO Sekarang. Toko Belanja Segar memiliki toko offline di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Denpasar.
Tips-Praktis-Dapur

TIPS PRAKTIS DAPUR YANG PERLU DIKETAHUI

 

Hai, buat yang malas berlama-lama di dapur atau hobi dengan urusan dapur bahkan seputar masak memasak, pas banget mampir ke sini nih! Karena kali ini kita akan kasih tips praktis dapur buat kalian yang memiliki hobi memasak. Ternyata banyak sekali hal sederhana yang mengganggu, tapi seringkali kita lakukan saat di dapur lhoo..

Simak penjelasannya dan langsung saja yuk ke tips praktis dapur dari kami!

  1. Membilas Sayur dengan Garam

Merendam sayuran dalam air garam dapat membantu menyingkirkan kotoran bersama dengan bahan kimia dan pestisida. Hal ini karena garam ampuh membunuh bakteri. Brokoli dan kembang kol juga sering ada ulatnya, jadi jangan lupa pula menggunakan cara ini.

  1. Menetralisir Bau Dalam Kulkas

Untuk menetralisir bau dalam kulkas, belah kentang dan letakkan di rak kulkas, kentang bisa menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas.

  1. Menyimpan Aneka Bumbu Dapur

Ada tips praktis agar berbagai bumbu dapur kering (kemiri, merica, dan ketumbar) tak mudah berbau apek atau berjamur. Untuk kemiri, sebaiknya digoreng dalam minyak banyak sampai berwarna kekuningan.

Untuk merica dan ketumbar, cukup disangrai di atas api kecil hingga kecokelatan. Angkat, lalu haluskan masing-masing bumbu. Dengan cara ini bumbu dapur tadi akan lebih tahan lama, hingga 1-2 bulan.

  1. Agar Mata Tidak Pedih Saat Mengiris Bawang

Sama seperti cabai, saat melakukan kontak dengan bawang merah mata Anda akan terasa panas dan pedih. Bahkan mungkin Anda bisa mengeluarkan air mata. Untuk mengurangi sensasi tidak nyaman tersebut Anda bisa mencoba cara ini. Letakkan wadah berisi garam di samping telenan atau tempat Anda mengupas bawang merah. Garam bisa mengurangi rasa pedih pada mata akibat kontak dengan bawang merah.

  1. Agar Tempe Tidak Mudah Busuk

Lebih baik tempe di kukus terlebih dahulu agar proses fermentasinya berhenti. Sehingga kedelai tidak terus berkembang dan tempe tidak menjadi busuk karena over-cooked. Setelah itu tempe bisa di bungkus dengan daun pisang atau kertas kemudian simpan dalam kulkas.

  1. Cuci Bersih Tahu dan Siram dengan Air Panas

Cuci tahu dengan air lalu siram dengan air panas. Kemudian lap tahu dengan tisu dapur yang bersih. Simpan ke Tempat tertutup lalu masukan ke dalam kulkas. Cara ini akan membuat tahu yang Anda punya lebih awet dan tetap sehat hingga satu minggu.

  1. Mengetahui Telur Busuk atau Tidak

Mencium baunya ketika dipecahkan, telur harus memiliki bau yang netral, bukan bau khas seperti belerang, gas, atau asam. jika tidak lolos pengujian lewat indera penciuman ini, maka sebaiknya telur dibuang saja.

  1. Jangan Simpan Sayur di Kulkas Menggunakan Plastik Kresek

Jika menyimpan sayuran di dalam kulkas, jangan menggunak tas plastik kresek, tapi gunakan koran atau majalah bekas. Sebab dengan cara ini bisa mencegah air embun sayuran menggenang yang bisa mengakibatkan sayur cepat busuk.

  1. Memanggang ayam utuh secara merata

Ketika memanggang ayam utuh, baringkan bagian dadanya. Hal ini karena bagian dada sebagian besar berisi daging. Semakin dekat bagian ini dengan sumber panas, semakin cepat ayam utuh matang secara merata.

Bagaimana, Cukup mudah kan? Yuk cobain di dapurmu sendiri di rumah!

Keranjang Belanja
Selamat datang di website Toko Belanja Segar. Lagi ada Promo BUY 1 GET 1 Lho!!!!, Buruan sebelum kehabisan stok-CEK halaman PROMO Sekarang. Toko Belanja Segar memiliki toko offline di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Denpasar. Cek Promo Sekarang
Chat Kami Sekarang
Scroll to Top